Senin, 20 Juni 2011

Muhammad Ali Pasha


      Muhammad Ali Pasha di anggap sebagai dasar gerakan mesir melawan penjajah. Pembaharuan M. ali pasha di kenal sebagai pembaharuan gerakan. Di bidang Militer, jatuhya mesir ketangan Napoleon Bonaparte menyadarkan Muhammad Ali Pasha. Ia melihat kemajuan yang di capai Negara –negara  barat terutama perancis begitu hebat. Kemajuan dalam bidang teknologi, peperangan membuat mudah perancis menguasai mesir. Setelah perancis dating ke inggris tahun 1802 M Muhammad Ali Pasha mengundang save seorang perwira tinggi perancis dapat di sewa untuk melatih tentara mesir. Untuk keperluan itu ia mendirikan sekolah militer tahun 1815 M dan mengirim pelajar untuk belajr militervdi perancis.
      Dibidang pendidikan M. ali pasha sangat besar perhatiannya terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu, pada tahun 1815 M ia mendirikan sekolah militer, sekolah teknik 1816 M, sekolah pertambangan tahun 1834 M dan sekolah penerjemahan tahun 1836 M. Selain itu ia juga banyak mengirim pelajar ke perancis untuk belajar pengetahuan beberapa sains dan teknologi barat di perancis.
      Di bidang ekonomi pengambil alihan pemilikan tanah oleh Negara dan hasilnya untuk kepentingan pembangunan mesir. Dan untuk menjaga kesuburan tanah mesir ia membangun system irigasi, sebagi hasil pertanian menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar