Selasa, 07 Juni 2011

kumpulan khutbah jum'at



kumpulan khutbah jum'at ini
Diterbitkan oleh : YPI Azharul Ulum
Brongkal Pagelaran Malang
Disampaikan pada khutbah Jum'at
di Masjid Besar Al Azhar Kecamatan pagelaran
oleh: Mahfudin Mahfudh Emha, S.PdI


Text Box: 1


 


BANYAK BERZIKIR
KEPADA ALLAH SWT
DAN MANFAATNYA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذى أنزل السكينة على الذاكرين الله والذاكرات * وحفظهم عن الوقوع فى الزلات * وغشيهم بالرحمة والحسنات * أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له المتصف بجميع الكمالات * و أشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله سيد السادات * اللهم فصل وسلم على سيدنا محمد الذى لم يفتر عن الذكر فى جميع الحالات * وعلى آله وصحبه الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكرون فى المخلوقات * أما بعد * فيا عباد الله اتقوا الله تعالى واذكروا الله كثيرا لعلكم تفلحون *
Jamaah shalat Jum'ah rahimakumullah
Marilah kita selalu bertaqwa kepada Allah Swt. Dengan arti selalu mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya. Dan marilah kita memperbanyak zikir kepada Allah Swt dalam kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan apapun. Dalam keadaan suka maupun duka, lapang maupun sempit, sendirian maupun bersama-sama. Karena zikir kepada Allah Swt sangat banyak manfaat dan pahalanya. Orang yang banyak berzikir kepada Allah Swt akan merasakan ketentraman hidup, karena hatinya akan selalu bergantung kepada Allah Swt. Kita akan menyadari bahwa sesungguhnya kita hanyalah menjalani dan melaksanakan kehidupan ini. Segalanya sudah diatur dengan sebaik-baiknya oleh Yang Maha Kuasa.
Disamping itu, zikir juga akan menjadi sebab turunnya rahmat dan lain sebagainya. Disebutkan dalam sebuah hadits:
عن ابي هريرة وعن ابي سعيد رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لايقعد قوم يذكرون الله إلا حفتهم الملئكة وغشيتهم الرحمة ونزلت عليهم السكينة وذكرهم الله فيمن عنده (رواه مسلم)
"Tiada kaum yang duduk berzikir kepada Allah Swt kecuali para malaikat mengelilinya, rahmat Allah turun kepadanya, datang ketenangan atas mereka dan Allah menyebutnya pada makhluk yang ada di sisi-Nya." (HR. Muslim)
Demikian sabda Rasulullah saw, orang yang selalu berzikir tidak akan merasa takun dan khawatir. Apabila kita mau berzikir, Allah Swt akan memberikan kasih sayang dan anugerah yang tidak terhitung nilainya.
Karena itu, marilah kita berusaha keras untuk dapat memperbanyak zikir kepada Allah Swt. Mari kita melatih diri kita sedikit demi sedikit. Misalnya, seusai shalat maktubah, sesudah shalat jum'at dll. Berzikir dengan membaca kalimah thayyibah, shalawat atau bacaan-bacaan yang lain. Sehingga semua itu dapat menjadi kebiasaan dan insya Allah hati kita akan selalu merasa tenteram. Dalam keadaan bagaimanapun, hati kita tetap merasa tenang dan lapang.
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم * واذكر ربك فى نفسك تضرعا وخيفة ودون الجهر من القول بالغدو والآصال ولاتكن من الغافلين * بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم ونفعني وإياكم بالآيات والذكر الحكيم إنه هو البر الرؤف الرحيم

Text Box: 2




MENUNTUT ILMU AGAMA 
MEMAHAMI & MENGAJAR  
MASALAH AGAMA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذى امر عباده بلزوم طاعته * فبشرهم بذلك بالجنة التى فيها أنواع نعمه * وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له اعترافا بربوبيته * وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله خير خلقه * اللهم فصل وسلم على سيدنا محمد حث أمته على الإستقامة بقوله قل أمنت بالله ثم استقم وهو خير هديه * وعلى آله وصحبه السالكين سبل النجاة * أما بعد * فيا عباد الله اتقوا الله تعالى ولازموا عليه جميع الاحوال *
Jamaah shalat Jum'ah rahima kumullah
Marilah kita bersama-sama berusaha keras untuk meningkatkan taqwa kepada Allah swt, yaitu dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dan marilah kita berusaha selalu istiqomah dalam semua amal kebaikan.
          Istiqomah ini sangat penting kita pegang teguh dan kita jaga, karena manusia tidak akan pernah lepas dari godaan iblis agar selalu mermalas-malasan dan bosan pada amal kebaikan. Apabila kita tidak berusaha beristiqomah maka kita akan terjerumus dalam godaan iblis tersebut yaitu suka mermalas-malasan dan mudah bosan beribadah kepada Allah swt. Akhirnya kita akan meninggalkan sama sekali amal kebaikan tersebut.
          Oleh karena itu, berusaha istiqomah ini sangat penting, agar terlatih dan ibadah atau amal kebaikan akan menjadi kebiasaan kita.
          Mari kita perhatikan firman Allah berikut ini:
 اعوذ بالله من الشيطان الرجيم * إن الذين قالوا ربنا الله ثم استقاموا تتنزل عليهم الملئكة ان لاتخافوا ولا تحزنوا وابشروا بالجنة التى كنتم توعدون * نحن اوليآءكم فى الحياة الدنيا وفى الآخرة ولكم فيها ما تشتهى انفسكم ولكم فيها ماتدعون نزلا من غفور رحيم *
Demikianlah firman Allah yang menjelaskan bahwa betapa pentingnya istiqomah dan merupakan hal yang harus kita perhatikan.
        Selanjutnya perlu diketahui, istiqomah meliputi tiga bagian, yaitu: Istiqomah bil janaan Istiqomah bil lisaan dan istiqomah bil arkan
  1. Istiqomah bil arkaanIstiqomah bil janaan atau istiqomah dengan hati. Artinya , hati kita selalu berpegang teguh pada apa yang terucap oleh lisan kita. Kemudian hati kita isi dengan hal-hal yang dianggap baik menurut agama.
  2. Istiqomah bil lisaan atau istiqomah dengan ucapan. Lisan kita selalu selaras dan sejalan dengan isi hati kita dalam kesaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah swt dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah swt.
  3. Istiqomah bil arkaan atau istiqomah dengan anggota badan. Artinay membuktikan semua apa yang telah diyakini oleh hati dan diucapkan oleh lisan. Berusaha keras melakukan ibadah dan kebaikan dengan anggota badan lahiriyah sebagai bukti ikrar hati dan lisan kita.
Jamaah shalat Jum'ah rahima kumullah
Setelah kita memahami masalah istiqomah ini, marilah kita berusaha keras untuk beristiqomah sedikit demi sedikit, yang pada akhirnya istiqomah ini menjadi kebiasaan hidup kita. Dengan usaha yang keras, insya Allah kita akan menjadi manusia muslim yang istiqomah dan bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak. Amin.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم * إن الذين قالوا ربنا الله ثم استقاموا فلا خوف عليهم ولاهم يحزنون * بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم ونفعني وإياكم بالآيات والذكر الحكيم إنه هو البر الرؤف الرحيم*
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar